Beranda | Artikel
Tafsir Dua Kalimat Syahadat (Syaikh Dr. Ismail Ghasab Al-Adawi)
Selasa, 28 Juli 2015

Bersama Pemateri :
Syaikh Isma’il bin Ghashshab Al-‘Adawi

Ceramah agama Islam oleh: Syaikh Dr. Ism’il Ghasab Al-‘Adawi
Penerjemah: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama: Tafsir Dua Kalimat Syahadat

Kalimat syahadat yang biasa disebut dengan kalimat Syahadatain adalah kelimat yang berbunyi:

أَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ الله، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Kalimat ini merupakan dua kalimat yang sangat agung yang merupakan pembeda antara seorang muslim dan seorang kafir, serta pembeda antara ahli surga dan ahli neraka. Dan bagian kebaikan yang didapatkan oleh seorang muslim adalah sesuai dengan sejauh mana ia berusaha untuk mewujudkan pemahaman dan pengamalan dua kalimat ini dalam kehidupannya.

Maka dari itu wajib bagi setiap orang yang beriman kepada Allah Ta’ala untuk mengenal makna dan kandungan dua kalimat syahadat ini dengan pengenalan yang benar, dan setelah itu berusaha mempraktikkannya dalam kehidupannya dengan praktik yang benar. Karena dengan semakin menyempurnakan hal ini maka akan semakin sempurna pula kemuliaan dan kedudukannya di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dua kalimat syahadat ini merupakan rukun Islam yang pertama dan yang paling utama di antara rukun-rukun yang ada. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَالْحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Bagaimana penjabaran dari pembahasan tersebut? Simak penjelasan selengkapnya oleh Syaikh Dr. Ismail Ghasab Al-‘Adawi dan diterjemahkan oleh Ustadz Abdullah Taslim di dalam rekaman kajian ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Syaikh Dr. Ismail Ghasab Al-‘Adawi – Tafsir Dua Kalimat Syahadat

Jangan lupa untuk turut share link kajian dan ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga hal tersebut dicatat sebagai amal shalih bagi kita semua. Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15081-tafsir-dua-kalimat-syahadat-syaikh-dr-ismail-ghasab-al-adawi/